Senin, 19 Desember 2011

Sophia-Ganda Cipta

Jika masa tiga ribu tahun adalah dirimu
Maka aku baru mengerti satu titik di sudut bibirmu yang garis
setelah berminggu-minggu aku baca setiap depa tubuhmu
pada akhir kata aku kembali susuri jalanmu
tentang kelahiran alun-alun sebuah kota

Sophia

di manakah deretan angka terakhir yang mesti kita baca
atau mengertikah kau mengapa desember berada di ujung tahun
yang mesti kita lewati bersama musim yang kini tak berubah pasti

hujan barangkali tak pernah memaknai arti sebuah rindu
dalam jahitan sejarah yang tak pernah pepat

dan aku ingin pulang ke masa lalu
tapi bukan untuk melukiskan asal sebuah kata
yang tumbuh di ujung bibirmu
aku ingin pulang ke masa lalu
tapi bukan untuk mengenangmu di setiap puncak peradaban
aku ingin pulang ke masa lalu
menjemputmu dari keterasingan makna yang tenggelam
dalam duniaku
yang juga duniamu

Sophia

seperti apa harus kutulis cinta
di ujung jantungmu
jantung dunia kita
jika ribuan senjata mengepungmu selama ribuan tahun

puisi karya Ganda Cipta ini,memberikan aku inspirasi bahwa masa lalu atau setiap cerita yang berlalu bukanlah hal yang harus disesali atau pun ingin kembali ke masa itu. akan tetapi untuk mencari makna baru yang indah dan hikmah sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar